Rabu, 12 September 2012

KULIT SINTETIS DARI PRINTER INK JET??


Mau tukar tambah printer ink jet lama Anda? Sebuah tim ilmuwan yang selama ini berusaha untuk membuat jaringan buatan pada kulit manusia membutuhkannya. Bahkan printer ink jet yang umurnya sudah 10 tahun malahan sempurna untuk membuat kulit sintetis yang suatu saat nanti dapat menolong korban yang mengalami kebakaran pada kulitnya.
Vladimir Mironov, direktur pada Laboratorium Rekayasa Jaringan Buatan di Fakultas Kedokteran Universitas South California, salah satu ilmuwan yang mengambil protein dari printer-printer lama Hewlett-Packard dan Canon menggunakan gel spesial sebagai pengganti kertas. Printer lama lebih baik karena nozzle mereka besar-besar dan kemungkinannya kecil untuk merusak sel-sel halus. Akan sangat berguna apabila printer ini akan menolong manusia nantinya dibandingkan harus didaur ulang.
Riset "percetakan kulit", walaupun masih awal tetapi menurut Anthony Atala dari Sekolah Kedokteran Wake Forest mengatakan potensinya menjanjikan. Biasanya untuk korban kebakaran, kulit yang rusak digantikan dengan kulit dari bagian tubuh lain ataupun kulit buatan tetapi beresiko ditolak oleh tubuh.
Lagipula nantinya kulit ini akan memuai.
Dari mana idenya?
Thomas Boland, asisten professor di Universitas Clemson mengatakan idenya muncul saat salah seroang anggota timnya sudah putus asa untuk "mencetak" sel-sel kulit hingga dia melihat sebuah printer tua. "Mengapa tidak menggunakan ini saja?", katanya.
Jadi dalam beberapa tahun lagi diharapkan printer juga dapat "mencetak" jaringan tubuh lainnya untuk menggantikan operasi plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar