Rabu, 12 September 2012

KEKUATAN BOM ATOM

Judul diatas tidaklah dapat mengungkapkan kedahsyatan dari gempa terbesar ke-empat sejak tahun 1900 ini ataupun besarnya gelombang tsunami.
Walaupun kekuatannya sedemikian dahsyat para ahli memaklumi bahwa Sumatra adalah salah satu tempat yang paling sering diguncang gempa. Gempa terakhir adalah yang terkuat dalam 200 tahun terakhir. Ada yang memperkirakan kekuatannya mencapai satu juta bom atom yang diledakkan bersamaan.

Episentrum : lebih dari 8 km dibawah laut
Spekulasi lebih lanjut adalah perubahan dari garis pantai pulau Sumatra karena di bawah laut terjadi perubahan tumpukan sebesar 18 meter di bawah laut akibatnya saat pasang surut mungkin akan lebih tinggi atau malah lebih rendah, kata Paul Earle, seorang ahli geofisika Amerika.
Ada lagi yang mencatat kemungkinan pergesaran pulau-pulau kecil didekat Sumatra hingga 29 meter!
Ken Hudnut, ahli geofisika Amerika mengatakan pulau Nicobar dan Simeulue bergeser menjauhi Sumatra. Walaupun pergerakan lempengan mencapai jarak 19 km tetapi untuk mengukur jarak persisnya haruslah dilakukan dengan GPS di lapangan.
Kemungkinan tsunami di lautan Atlantik
Dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii, energi dari tsunami hari Minggu telah tiba di Pasifik pada hari Senin.
Di Manzanillo, Mexico air laut mencapai ketinggian 2,4 meter tetapi hanya 50 centi di Selandia Baru dan Chili.
Pada tahun 1999 ahli dari University College London memperkirakan apabila gunung vulkanik di Pulau Kenari - Afrika meletus dengan kekuatan tinggi akan dapat menyebabkan keruntuhan pulau La Palma dan membuat tsunami di lautan Atlantik yang dapat mencapai Timur Amerika dan Karibia dengan ketinggian hingga 50 meter, walaupun dari 200.000 tahun yang lalu cuma ada dua kali runtuhan yang kemudian berpecah menjadi runtuhan kecil-kecil saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar